Urus Paspor Baru

by - 8:49 PM


Hey, readers! Saya kembali setelah sekian lama. Jadi ceritanya gw baru mindahin semua postingan yang ada di blog sebelumnya ke sini. Terpaksa pindah gara-gara ada media limitnya, kalo mau unlimited harus bayar, kan males.. Cukup PR sih nih repostnya. Oke, back to the topic. Masih seputar travel, kali ini gw bukan mau cerita jalan-jalan melainkan bagi-bagi kisah perpanjang paspor karena bakal expired akhir tahun ini. Masih lama sebenernya, tapi gw akan berangkat misi budaya lagi pertengahan tahun ini (yeay! doakan lancar ya, amin!) dan tau sendiri dong paspor harus berlaku minimal 6 bulan dari waktu keberangkatan. Masih bisa diurus ntar namun udah kepepet deadline pendataan nama, nomor paspor, dan sebagainya, hehe. Pas juga lah biar sekalian ganti e-passport. Kelebihan e-passport yang bikin gw mupeng adalah bebas visa Jepang! Walau cuma untuk perjalanan 15 hari dan berlaku selama 3 tahun, ya lumayan lah. Kelebihan lainnya, paspor ini pake chip trus bisa autogate. Padahal paspor lama gw juga udah bisa autogate. Entahlah..

Maaf kebanyakan prologue. Sebelumnya, gw kasih tau dulu serba-serbi paspornya. Berhubung paspor negara sendiri, jadi kali ini pake bahasa Indonesia aja ya..
  • Apply paspor bisa di mana aja, nggak harus di wilayah kita tinggal.
  • Pendaftaran bisa lewat online maupun walk-in. Gw saranin walk-in aja biar pasti. Berdasarkan hasil browsing dan pengalaman orang, sistem online ribet dan lama jadi malah ga jelas.
  • Tarif: Paspor biasa 24 hlm Rp155.000,-, paspor biasa 48 hlm Rp355.000,-, dan e-passport 48 hlm Rp655.000,-.
  • Paspor biasa jadi 3 hari kerja sedangkan e-passport 5 hari kerja.
  • Dokumen yang harus dibawa:
  • 1. KTP asli dan fotokopi
  • 2. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi
  • 3. Akta Lahir asli dan fotokopi (ijazah juga boleh, pokoknya yang ada nama orang tua)
  • 4. Paspor lama dan fotokopi bagian depan dan belakang
  • Semua fotokopi harus di kertas ukuran A4 dan jangan dipotong.
  • Pembayaran bisa dengan cash setor tunai BNI, ATM, dan debit.

Begitulah kira-kira pengantarnya. Nah, sekarang menuju kisah gw mengurus paspornya. Hari Selasa, 17 Februari 2015 gw memutuskan untuk perpanjang paspor hari itu karena emang udah tau kelas batal dan cuma punya kelas di jam 2 (yang ternyata batal juga) jadi paginya bisa ngurus. Tadinya gw mau bikin di kantor imigrasi Pondok Pinang atau Karang Tengah biar lebih deket rumah. Tapi setelah browsing, ternyata mereka nggak ngelayanin e-passport jadi gw tetep harus ke Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan di Warung Buncit. 

Bokap yang berbaik hati bersedia jadi calo gw. Jam 5.30 pagi bokap udah stand by di tempat. Pintu masih ditutup, tapi beberapa orang udah naro berkas di depan pintu buat jadi penanda antrian. Gile, bahkan ada yang lebih rajin. Resminya kita bakal dilayanin jam 8. Karena belum begitu banyak orang, bokap nunggu di mobil sambil sesekali ngeliat antrian lewat spion. Jam 6.30 tiba-tiba orang udah pada berdiri, sesegera mungkin bokap keluar mobil dan masuk antrian. Ternyata belum ada apa-apa.
Jam 7 – 7.30 ada pengarahan dari petugas tentang jenis-jenis paspor, persyaratan, cara pembayaran, dll. Kantor bakal ngelayanin maksimal 150 pemohon per hari. Dari 150 itu, 30nya terdiri dari lansia, balita, dan difabel. Jadi kalo mau aman, dateng maksimal jam 7. Lebih dari itu ga jamin dapet jatah.
Setelah pengarahan, pemohon dipanggil 10-10 ke lantai 2 untuk ambil nomor antrian dan formulir permohonan. Antrian dibedain antara yang daftar online dan walk-in. Ini nih yang bikin bokap gw deg-degan. Pas pengarahan dibilangin kalo pengambilan nomor antrian ini harus pemohonnya sendiri yang ambil, sedangkan gw masih deket rumah. Untungnya ternyata ga dicek. Bokap dapet nomor 13, langsung lega dan bisa duduk manis. Sembari duduk, petugas jelasin cara pengisian formulir. Yang mau e-passport minta cap di tempat pengambilan nomor antrian.

Jam 8 loket mulai dibuka. Bokap udah dag dig dug gw belom nyampe juga. Gw pun di mobil senewen karena jalanan super duper macet ditambah ujan. Tapi trus agak lega karena orang-orang lansia, balita, dan difabel dilayanin duluan. Bokap terus update keadaan via WA. Tiba-tiba udah nomer 7. Tadinya bokap ga mau isiin formulir karena takut ada yang salah, akhirnya memutuskan untuk ngisiin sebagian. Sport jantung paling klimaks pun terjadi. Gw yang udah di  jalan depan gedung ditelfon bokap, katanya udah nomer 11. Pikiran gw ga karuan karena kalo orangnya ga muncul setelah dipanggil, jadi urutan terakhir. Karena ga enak sama bokap kalo pengorbanannya berakhir sia-sia, gw ambil payung, turun mobil, dan lari sekenceng mungkin ke dalem. Bodo amat kaki basah kuyup kelelep air. Sesampainya di dalem, gw langsung bingung karena banyak banget orang. Ketemu bokap, gw dikasih formulir buat ngisi yang masih kosong. Baru mau nulis, nomer 12 dipanggil. Dan ternyata gw sebenernya urutan 12 bukan 13. Nyaris banget!! Dengan pikiran yang masih amburadul, gw masuk menuju loket. Gw dilayanin ibu-ibu, untungnya dia ramah banget. Gw minta izin buat ngisi data yang masih kosong di formulir, dan beruntunglah dia minta dokumen-dokumen gw yang lain buat dicek jadi gw bisa sambil ngisi. Dipikir bakal seketat dan seformal itu, tapi pas gw lagi dilayanin, ada bapak-bapak pemohon nyusulin dokumen ke ibu ini dan masih nanya ini-itu. Makin tenang gw ngisinya.

Sambil menunggu si ibu, gw mengumpulkan nyawa dan ngeliat keadaan sekitar. Jadi di depan orang duduk tadi, ada banyak layar informasi nomor antrian. Di dalem ada beberapa loket yang masing-masing terdiri dari 2 orang petugas. Antara ruang tunggu dan loket dibatasin kaca jadi orang di luar bisa ngeliat aktivitas di dalem dan sebaliknya. Gw pun melalui proses akhirnya jadi tau fungsi 2 petugas itu. Petugas pertama yang ngadep barat berurusan dengan berkas, sedangkan petugas kedua menghadap ke selatan (hadap-hadapan sama orang di ruang tunggu) berurusan dengan foto, cap jari, sama pembayaran.
Setelah selesai dengan si ibu, gw disuruh pindah ke mbak sebelahnya. Karena baru gw sebutin, tau sendiri lah gw ngapain. Gw pindah, si ibu ngelayanin mas-mas. Ruangan didesain sedemikian rupa sehingga tempat duduk gw pas berada di depan tembok putih buat jadi latar foto. Tiba saatnya pembayaran. Gw bilang mau bayar pake debit. Mbaknya nanya mau pake bank apa. Gw bilang BCA, secara paling umum. Eh, mbaknya nanya lagi, 'Selain itu?'. Gw jawab Mandiri, baru bisa. Yee.. bilang kek ada kecualinya. Beberapa menit gw nunggu kok ga beres-beres. Dia bilang harus nunggu approval dari pusat. Tapi terus lama lagi ga ada tanda-tanda beres. Bahkan doi minta izin ngambil makan dulu. Lah.. Pas balik, belom kelar juga. Gw nanya apakah hal begini biasa. Dia bilang karena sistemnya masih baru jadi emang agak lama, bahkan bisa sejam nunggu beginian. What??!! Gw bilang 'Ya udah deh mbak saya setor tunai aja.' Katanya sama aja. Yowes gw izin ke toilet dulu. Gw balik, lagi-lagi belom kelar. Gw disuruh tukeran tempat sama mas-mas di ibu pertama biar cepet. Tak lama kemudian akhirnya pembayaran selesai deh. Thank God. Bukti pembayaran nantinya dipake buat ngambil paspor baru. Paspor gw bisa diambil hari Rabu minggu depannya karena kepotong Imlek. Selesai sudah urusan hari ini.


Hari pengambilan pun tiba. Pemohon harus ngambil sendiri atau bisa diwakilin keluarga dengan bawa KK. Lagi-lagi bokap jadi calo. Pengambilan dilayani jam 10 tapi bokap udah sampe jam 9 lebih. Sebelum loket dibuka, bokap ngasih bukti pembayaran di tempat pengambilan nomor antrian. Berkas-berkas ditumpuk petugas. Jam 10 kurang mulai dipanggil buat ambil nomor antrian dan jam 10 loket dibuka. Bokap dan gw trauma paspor lama gw ga dikasih. Gw bakal sedih banget sampe yang sekarang ga bisa diminta lagi karena paspor itu menyimpan banyak kenangan dan buat modal apply visa ke negara-negara selanjutnya. Dan ternyata bisa! Tinggal minta aja. 

So now I have a new e-passport and I get the old one. Secara keseluruhan, gw cukup kagum dengan hasil renovasi kantor imigrasi ini yang jadi lebih luas, layout yang tertata baik, dan toilet yang bersih. Gw cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. Petugasnya ramah-ramah dan helpful. Ada satu bapak pegang mic yang selain manggilin antrian juga ga bosen-bosennya ngingetin orang-orang buat ngasih kritik dan saran. Banyaknya loket jadi lebih efisien dan efektif. Gw cukup maklum dengan sistem pembayaran yang masih agak-agak gimana karena masih baru, berharap penyesuaiannya lebih cepet aja. 


Hope this post helps. Silahkan yang mau tanya, just leave your comment below.

You May Also Like

1 comments

  1. Nice info Nada! A very helpful guide (story?) for those going to apply for e-Passport.

    Gue sih bakal perpanjang paspor di bulan Agustus, dan untungnya post lu ngejelasin proses bikin e-Passport yang walk-in, soalnya per bulan April (kalo gak salah) aplikasi e-Passport cuma bisa walk-in sekarang.

    Anyway, selama lu di sana ada yang pengajuan berkasnya ditolak gak, karena misalnya nama di dokumen beda? Nama KTP/KK gw beda sama akta kelahiran gw nih!

    ReplyDelete