[Book Review] - Travel Young by Alanda Kariza + My Own Note

by - 10:00 PM



Begitu tau buku ini muncul, langsung nyari di toko buku dan cepet-cepet dibaca. Parah, isinya bener-bener gw banget! Kak Alanda menuliskan apa yang gw cari dan rasakan tentang traveling. Traveling bukan sekedar jalan-jalan, seneng-seneng pergi ke tempat baru, foto terus udah. But you'll get new stories, lessons, and experiences.
Kak Alanda ga cuma cerita tentang perjalanannya, tapi juga menyelipkan tips dan pelajaran hidup yang berharga banget. Selain kak Alanda, ada juga beberapa tokoh yang cerita pengalaman travelingnya dan pendapat mereka tentang kedewasaan.
Ga mungkin kan gw ceritain isi bukunya di sini, harus baca sendiri buat dapet insightnya. This book is a must-read.

Buku ini benar-benar menginspirasi, memotivasi, dan semakin membuka pikiran gw. Di tengah-tengah baca, kadang gw taro bentar bukunya, terus merenung. Gw melihat kembali perjalanan yang telah gw alami dan cita-cita perjalanan gw ke depan.

Gw ga nyangka dan bersyukur 2 tahun ini dikasih kesempatan untuk banyak melakukan perjalanan dan melihat dunia. Perjalanan paling berkesan dan life-changing adalah misi budaya ke Ceko tahun 2013. Di situ pertama kalinya gw melancong jauh tanpa orang tua dan ga tanggung-tanggung, langsung 27 hari! Seneng banget rasanya bisa pergi with a purpose. Selain bisa menyalurkan hobi di bidang tari, gw bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia. Di sana, selain tentunya tampil, gw juga bisa explore negaranya, belajar budaya baru, dan ketemu banyak orang dari berbagai negara.

Sebenernya, selain bisa kesampean di tempat yang gw pengen, gw juga sangat tertarik untuk experience what the locals do. Kalo nonton acara travel, yang dilakuin hostnya itu deh gw pengen. Mereka dapet advantage lebih yang kadang ga bisa diakses turis biasa.


At least, once in my life gw harus solo-traveling. Ada sensasi tersendiri gitu. Waktu di Singapura beberapa waktu lalu pas nikahan sepupu gw, gw disuruh bude buat ambil kue di tempat yang asing banget, dan harus ke sana sendirian. Kayaknya ga susah, tapi cukup menantang. Petualangan yang singkat itu bagi gw seru banget berasa lagi ikutan Amazing Race, ga kebayang kalo nanti gw traveling sendirian.

Karena solo-traveling merupakan salah satu impian gw, cerita kak Alanda paling berkesan di buku ini adalah waktu dia pergi sendirian ke Nice dan Disneyland Orlando, Florida. She went there all by herself, meet random people, and had her own adventure. Pengalaman kayak gitu yang pengen gw punya dalam hidup.

Sekali lagi, gw bersyukur dengan pengalaman perjalanan gw sebelumnya dan buku ini bikin gw terus bermimpi dan semakin termotivasi untuk menjelajah dunia. Hope I can achieve my dream :) 

"Menjadi seorang anak muda tidak hanya berarti meninggalkan jejak di dunia, tetapi juga berarti membiarkan dunia meninggalkan jejak di dalam hidup kita." -Alanda Kariza

You May Also Like

0 comments