About Being Single

by - 6:20 PM

Hmm, kalo ditanya gw pengen punya pacar apa ga, jawabannya 'Ya pengen, keleus.' I've only dated one guy and been single for 5 years. Bangga? Ga. Pity? Ga juga. Well, memang demikian kenyataannya. Kadang gw mikir enak ya jadi cowok, lebih punya kendali. Jadi cewek cuma bisa nunggu. Tapi kata emak, gw-nya juga yang kurang agresif. Ya.. udah dari sananya begitu mau gimana lagi. Trus, kenapa gw ga punya pacar lagi? Perpisahan orang tua gw ga bikin trauma kok. It's simply because I haven't met the right one. Nah, 'right one' versi gw yang kayak gimana nih. Let me share, cukup 2 hal aja.

Pertama, agama. Gw sebenernya ga masalah kalo orang lain nikah beda agama. Tapi gw sendiri ga mau, even cuma pacaran. Takut kebablasan trus sulit untuk diakhiri (cieileh). Gw cari pacar bukan buat pacaran doang sih, tapi pikirannya langsung ke depan buat nikah. Jauh bener yee.. tapi emang itu kan tujuan pacaran? Belajar dari pengalaman sepupu gw yang cewek juga. Ga cuma 1, tapi 2 orang. Udah pacaran lamaaaaa banget, ada yang nyampe 7 taun, eh.. bubar. Kan miris.
Gw cukup aktif di komunitas agama di kampus sama di gereja. Sumpah, ga muna nih ya, awalnya ikut ya sebagai ajang pencarian jodoh. Namun, berdasarkan pengalaman, cowok-cowok (yang menurut gw) ganteng itu ga suka ikut acara-acara beginian. Nasib.

Kedua, chemistry. It might be cliché, tapi ini penting menurut gw. Karena tanpa ini kurang greget dalam ngejalanin hubungan. Mesti seneng satu sama lain kan. Somehow, gw bisa merasakan chemistry itu sejak awal ketemu. Jadi udah bisa terdeteksi gitu deh dia bisa jadi cowok gw, apa cuma temen. Dan gw bukan tipe yang suka coba-coba, maksudnya kalo dari awal udah ga ada perasaan apa-apa ke dia, akan selamanya begitu. Misalnya dia pdkt-in gw (ga ge-er nih, kan bisa kebaca mau ngobrol biasa apa pdkt). Tak perlu bas bis bus, gw jawabnya langsung sinyal lampu merah. Bukannya sok mahal, tapi gw ga bisa maksain perasaan gw dan enak juga kan buat cowoknya jadi ga merasa di PHP-in. Tapi kadang gw suka merasa bersalah juga. Kata adek gw cowok, gw suka kelewat jahat balesnya, hehehe. Emang tricky nih. Mungkin kita udah punya sederet list kriteria cowok ideal, tapi ujung-ujungnya tergantung orangnya juga. Who knows kita justru ada chemistry sama orang yang bahkan ga mendekati kriteria itu.


Ga ada salahnya sih galau selagi single gini. Wajar, asal jangan lebay aja sampe desperate. Kadang gw biasa aja, kadang mupeng. Apalagi kalo udah nonton drama Korea, hadeeuh makin-makin. Unyu-nya itu loh keterlaluan! Kalo lagi gabut kadang suka bikin film sendiri gitu di otak, alias mengkhayal.

Sekarang kalo jomblo rasanya hina banget gitu ya. Tapi gw sendiri ga merasa terhina dengan kejombloan gw. Ngeliat hidup gw 5 taun terakhir ternyata cukup atau bisa gw bilang sangat berwarna. Jujur ga bisa dipungkiri, entah karena pacar pertama atau apa, abis putus rasanya galau to the max. Untunglah waktu itu banyak kegiatan yang bisa melampiaskan kegalauan gw. It helps, though. Walau butuh waktu yang ga sebentar, I've finally managed to move on. Jangan galau kelamaan, ga baik buat diri lo sendiri.

Saatnya get to know yourself better selagi single. Know what you want and don't want in life. Isi waktu dengan kegiatan-kegiatan positif; attend events, meet new people, pokoknya hal-hal yang menyenangkan dan memperkaya diri lo lah. Love yourself first. Gunakan kesempatan bebas ini semaksimal mungkin.
Selain itu, selain ngumpul sama temen-temen, luangin waktu buat keluarga. Because I live with my dad and bro, minimal quality timenya ke gereja lanjut pergi makan. Sama nyokap, I visit and go out with her regularly. Walau emak suka ngeledek malming kok gaulnya sama orang tua, she's actually happy her kids could spend their time with family.

Gw yang awalnya ikut komunitas agama dan gereja karena motivasi jodoh, lama-lama lupa sama motivasi itu karena emang enjoy sama lingkungannya. I meet new people and friends yang super seru. Kelebihannya kalo sama mereka selain haha hihi dan ngegaul bareng, bisa saling memperkaya iman (soleh banget kesannya). Karena emang udah cinta nari dari kecil, I'm still active in dancing and performing. Berhubung suka makan dan nyoba ini-itu, I attend berbagai bazaar yang sekarang lagi hits. Kalo topiknya cocok sama minat gw dan selagi bisa, gw dateng ke berbagai seminar dan talkshow, bahkan ga ragu dateng sendirian kalo ga ada temen. Justru di sana gw bisa temenan sama sesama yang dateng sendirian. And I also love traveling! New adventures really thrill me. Nah, banyak kan yang bisa dilakuin? Terus pesen gw, plis jangan terhina kalo jomblo. Galau-galauannya just for fun aja kayak status-status gw, apalagi bagian heboh kalo ketemu cowok ganteng, hahaha.

Bokap pernah baca artikel dan share ke gw. Kalo kita mau dicintai dan dibuat bahagia, kitanya harus mencintai dan bikin orang lain bahagia dulu. Then ask ourselves, apakah kita udah pantes buat dicintai? Gw percaya banget perihal sesuatu datang di saat yang tepat sama good things come to those who wait. Begitu lo sabar dan tiba saatnya di mana yang lo harapkan itu terjadi, rasanya indah banget, bahkan bisa lebih dari yang lo harapkan. Gw pun mengalami di hubungan gw satu-satunya itu. I learned a lot from the relationship. Tanpa disangka, tiba-tiba dia dateng gitu aja ke kehidupan gw. Gambaran keadaan gw waktu itu kira-kira kayak cewek-cewek di FTV gitu lah, yang suka senyum-senyum sendiri di kamar, deg-deg an nungguin SMS (iya, masih jaman SMS waktu itu, bahkan BBM belum eksis), dan hal-hal bodoh lainnya. But maybe for some reason the relationship has to end.
Sejak putus gw tentunya mencari lagi. Tapi apa daya belum dipertemukan dengan seseorang yang bisa bikin gw mabuk kepayang dan dunia serasa banyak bunga-bunga ala Syahrini. Kalo ada yang deketin, gw nya ga suka. Gw nya suka, dianya ga suka. Haah.. Tapi terus gw mikir mungkin ini emang rencana Tuhan belum mempertemukan gw dengan orang yang sama-sama cocok. He knows that I'm actually okay being alone dan gw percaya Tuhan udah nyiapin waktu buat dipertemukan dengan someone special *tetap optimis*.

Currently I'm enjoying my single life. Namun, pagar terbuka lebar buat pangeran-pangeran di luar sana untuk mengisi hati gw (azek). Kalo emang cocok, masa gw abaikan begitu saja?

Buat cewek-cewek yang belum pernah ngerasain yang namanya pacaran, sabar aja. You're stronger than you think!


Oh, and please jangan pacaran hanya karena ngerasa kelamaan single, untuk mengisi kekosongan, atau pelampiasan. Take your time. Kalo emang ga sreg ya jangan dipaksain. For me, I'd rather be alone than be with someone I don't want to be with.

Gw yakin ga semua orang punya pandangan yang sama kayak gw. I just want to share what's on my mind.


So, single ladies, don't be galau, enjoy your life, and good luck finding your prince charming!



You May Also Like

2 comments

  1. Awaww, terharu bacanya kakaa haahha
    Bener bangeet nad,sure you will get the right one! Keep on believe that hahah

    ReplyDelete