[Book Review] - Naked Traveler 1 Year Round-The-World Trip

by - 11:46 PM


Jujur sebenernya gw bukan pembaca setia mbak Trin (berasa akrab banget manggil mbak Trin, kenal aja ga). Udah sering denger namanya dan liat sendiri bukunya di toko buku tapi kenapa ga pernah beli ya? Bingung juga gw.
Seiring dengan minat gw terhadap traveling yang semakin menjadi, gw jadi aware dan update banget sama hal-hal berbau traveling, mulai dari artikel, buku, account Twitter dan Instagram yang difollow, apapun lah. Termasuk dateng ke talkshow travel di Gogirl Passion Expo tahun lalu di mana Claudia Kaunang dan Trinity yang terkenal dengan seri buku Naked Traveler-nya jadi pembicara. Karena ngasih pertanyaan, gw dikasih buku Naked Traveler yang Across The Indonesian Archipelago secara cuma-cuma. Dari situlah pertama kali gw baca bukunya mbak Trin.
Beberapa waktu kemudian, mbak Trin jadi salah satu pembicara lagi di talkshow travel yang diadain anak Antropologi UI. Gw sampe skip kelas demi dateng ke acara itu, dan kebetulan banget buku baru mbak Trin yang 1 Year Round-The-World Trip dijual di sana! Tanpa pikir panjang gw langsung beli dan berharap bisa sekalian minta tanda tangan. Eh apa daya pas gw masuk acara udah dimulai dan dengan sangat terpaksa gw juga ga bisa ngikutin sampe selesai karena ada kelas lab yang ga bisa bolos :(.

Beginilah kesan gw membaca buku ini. Judulnya kan udah bikin penasaran banget tuh: 1 Year Round-The-World Trip, jadi gw berekpektasi mbak Trin bener-bener keliling semua benua selama 1 tahun itu, taunya hampir sebagian besar perjalanannya fokus di negara-negara Amerika Selatan; Brazil, Cile, Peru, Ekuador, Kolombia, Kuba, Jamaika, Meksiko, dan Guatemala. Sempet sih ke Eropa dan US, tapi itu digabung kayaknya cuma 1/10 dari perjalanan. Gw pun kecewa. Namun, kekecewaan gw cuma di hal itu aja, sisanya sih suka banget!

Amerika Selatan mungkin bukan destinasi impian atau bahkan ga kepikiran buat gw kunjungin. Tapi cerita perjalanan mbak Trin yang super seru bikin gw mupeng. Gw berasa ikut berpetualang mulai dari diare selama di pesawat, ketemu orang yang macem-macem karakternya, masak sendiri, nginep di casa, sampe pindah kota pake bus dari yang pewe sampe yang ga banget. Caranya cerita juga sangat ekspresif yang bikin gw senyum-senyum sendiri, geregetan, sampe ketawa ngakak. Apalagi kalo udah bagian ketemu cowok ganteng, duh.. sama hebohnya kayak gw! Hahaha. Gw salut mbak Trin bisa merancang perjalanannya sedemikan rupa dan punya pengalaman jalan-jalan yang anti-touristy, kayak orang lokal banget deh pokoknya. Selain cerita perjalanan, pembaca juga dikasih informasi dan tips-tips terkait Amerika Selatan dan perjalanan satu tahun.

Review gw mungkin singkat. Biar ga penasaran, mending beli dan baca sendiri bukunya because I highly recommend this book. Bacaan yang ringan, seru, sekaligus informatif. Tiba-tiba jadi pengen beli buku lamanya juga.

Abis baca ini, gw termotivasi untuk traveling satu tahun penuh. Dapet uang dari mana tapi?? Lulus kuliah aja belom.

You May Also Like

0 comments