Year-End Holiday in Cirebon

by - 11:48 PM

Hai, semuanya! Berhubung lagi jarang kemana-mana dan belum ada rencana pergi lagi dalam waktu dekat, motivasi nulis agak turun jadi lebih jarang nulisnya, hehehe. Ditambah lagi magang pula, pulang terlanjur mager, weekend bawaannya mau keluar rumah terus.

Ada postingan yang belum ditulis nih. Jadi, akhir tahun 2015 kemarin, gw dan bokap pergi ke... Cirebon! Kenapa kok random banget destinasinya tiba-tiba ke sana? Hmm, jadi awalnya gw, bokap, dan adek punya rencana mau road trip keliling Jawa. Si adek juga semangat banget mau meningkatkan jam terbang nyetirnya, namun tiba-tiba dia yang mager. Jeng jeng.. bubar deh. Di kala mati gaya, datanglah undangan pernikahan temen gw di sana. Teringat bokap yang penasaran juga sama Cirebon, gw ajak aja sekalian. Berakhirlah kita pergi ke sana berdua bawa mobil sendiri.

Tanggal 31 Desember 2015 (iyak, mau malem tahun baru) pagi berangkatlah gw dan bokap ke Cirebon. Agak kepikiran sama kejadian minggu lalunya di mana orang-orang kejebak macet super lebay sampe harus ngabisin waktu belasan bahkan puluhan jam di jalan tapi kita tetep optimis lancar hari itu. Bener aja, jalanan kosong banget, bokap nyetirnya juga nggak bisa santai, dan dalam waktu 2 jam udah sampe di Cirebon. Bahagia :D.

Seperti biasa, tiap mau pergi ke tempat baru gw selalu catet semua rekomendasi tempat. Kali ini gw liatnya dari account instagram @cnlulaby dengan hashtagnya #lulabyspooncirebon plus dari temen-temen yang baru-baru itu ke sana. Dalam 3 hari 2 malam, gw sangat puas menjelajahi Cirebon didukung oleh kotanya sendiri yang nggak besar, kemana-mana deket, dan jalanan yang super lowong nggak kayak di Jakarta. Berhubung gw kesampean ke banyak tempat di sini (walau masih ada yang belum kesampean juga), langsung direkap aja ya gw ke mana aja. Jadi ceritanya nggak kronologis gitu, hehe.

Tempat Bersejarah
1. Taman Goa Sunyaragi
Awal tau tempat ini karena liat postingan temen foto di sini. Kok keren juga ya ada tempat begini di Indonesia. Kalo ini ada di Laos atau Myanmar gitu berasa wah banget gitu kan, nggak taunya negara sendiri juga punya.
Tempat ini dibangun untuk tempat istirahat Sultan Cirebon dan keluarganya. Selebihnya, silahkan Googling sendiri ya, hehe. Selain itu ada juga semacam panggung untuk pertunjukan dan acara lainnya. Tempatnya oke banget lah buat foto-foto, disaranin bawa payung kalo ke sini pas pagi menjelang siang karena sinar mataharinya super terik.










Best spot buat foto

2. Keraton Kasepuhan
Katanya sih keraton paling recommended di antara keraton lainnya yang ada di Cirebon. Kawasan keraton ini luas banget dan punya beberapa spot dengan ceritanya masing-masing. Harga tiket masih plus-plus karena begitu masuk udah dicegat guide jadi mau nggak mau kasih tip deh di akhir. Agak sayang aja sebenernya tempat ini bagus tapi kurang terawat, udah gitu di dalem banyak pengemis dan 'sumbangan sukarela' di spot-spotnya.








Patung Dua Macan


Kereta Kencana asli




Replika Kereta Kencana

















Shopping and Leisure
1. Kampung Batik Trusmi
Jangan salah, jadi sebenernya Trusmi itu satu kawasan batik besar yang terdiri dari banyak pilihan toko. Nah, salah satu toko besarnya Batik Trusmi. Buat pecinta batik, siap kalap atau bahkan pusing milih saking banyaknya.
Waktu ke sini, jalannya ditutup karena lagi diisi tenda untuk pasar. Jadi gw parkir di salah satu toko terus muterin kawasan ini pake becak deh. Seru banget ngelewatin keramaian pasar dan ngiler liat banyak jajanan dijual sepanjang jalan terutama martabak.


Pemandangan dari becak

2. Cirebon Waterland - Taman Ade Irma Suryani
Ke Cirebon nggak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Menurut gw, ini tempat paling hits seantero Cirebon. Area Taman Ade Irma Suryani terdiri dari Cirebon Waterland-nya sendiri, food court, restoran Cheng Ho (dibahas di bawah), dan Seaview Cottage.
Gw dateng pada saat yang tepat, yaitu menjelang malem tahun baru. Walau gw prefer kalo lagi agak sepian, tapi gw enjoy dan happy aja malem itu. Meskipun belom jadi total, tapi view nya baguuus banget.
















Kuliner
1. Bubur Ayam Moh. Toha
Makanan pertama yang disantap begitu sampe di Cirebon. Cukup merogoh kocek Rp6.000,- udah bisa menikmati bubur ayam enak ini dan dapet teh panas gratis. Buat gw sih ukurannya pas nggak terlalu besar jadi nggak bikin terlalu begah buat sarapan. Nggak cuma bubur ayam, mereka jual bubur ketan hitam, kacang ijo, dan aneka bubur lainnya.



2. Nasi Jamblang Ibu Nur
Belom lengkap rasanya kalo belom nyobain nasi jamblang yang emang salah satu kuliner khas Cirebon. Sebenernya itu cuma nasi pake aneka lauk rumahan, tapi entah kenapa jadi spesial aja gitu. Cara pesennya gimana sih? Begitu masuk langsung antri aja. Dimohon untuk bersabar, apalagi pas jam makan siang. Pertama kita diambilin nasi sama masnya. Jangan kaget, seporsi nasinya emang cilik banget. Berhubung masih setengah laper dan abis dari sana rencana nyoba makanan lainnya, gw 'cuma' pesen 2 porsi nasi. Habis itu, tinggal pilih lauknya, pesen minum, dan bayar. Karena sumpek banget di bawah, gw ke atas yang ternyata masih banyak tempat duduk. Karena agak pengap di dalam, gw duduk di luar biar lebih adem. Gw sangat merekomendasi Nasi Jamblang Ibu Nur karena: 1. Pilihan lauknya bejibun, 2. Kapasitas tempat duduknya banyak.


Daftar menu





3. Empal Genthong H. Apud
Habis muterin batik Trusmi, mumpung lagi deket situ sekalian nyoba Empal Genthong H. Apud. Karena niatnya cuma ngemil, jadi gw pesen seporsi aja empal daging dan nasi buat dimakan berdua bokap. Udah kepo berat gitu kan ya sama rasanya, nggak taunya B aja. Gw dan bokap berpendapat sama, rasanya kayak soto Betawi buatan rumah sendiri, haha.

4. Cheng Ho
Seperti udah disebutin sebelumnya, restoran Cheng Ho ada di area Taman Ade Irma Suryani. Pas banget hari sebelumnya liat instagram kepo dengan bentuknya yang unik kayak kapal ini dan langsung pengen coba. Begitu dateng, berasa VIP karena masih soft opening dan belom resmi dibuka untuk umum.
Di sini ada pilihan buffet dan ala carte. Setelah bandingin menunya, pilihan jatuh pada ala carte karena lebih menarik, ada western dan Indonesian. Tadinya udah siap ngeluarin budget lebih untuk makan di restoran macem begini. Pas liat menu, kaget liat harganya yang bagi orang Jakarta sangat affordable, apalagi untuk restoran kayak gini. Rasa makanannya pun enak dan sangat tidak mengecewakan. Puas banget lah makan di sini. Makanan, harga, suasana, pelayanan, cucos semuanya. Very recommended!




Calamari Fritter (Rp20.000)


BBQ Honey Chicken Wing (Rp17.500)


Western Sirloin (Rp47.500)


T-Bone Steak (Ro77.500)


Lupa foto harga minuman! Kayaknya Rp25.000, bisa buat berdua

5. Nasi Jamblang Mang Dul
Dibanding Ibu Nur, tempatnya lebih kecil dan empet-empetan, pilihan lauknya juga dikit. Tapi, entah kenapa tetep aja antri! That's all I can say, haha.

6. Seafood H. Moel
Mau uji kesabaran? Di sini tempatnya. Jangan ke sini kalo lagi laper berat! Di malam kedua, gw coba makan di sini karena lumayan recommended. Pas dateng emang agak penuh, tapi nggak lama kemudian dapet tempat duduk itupun join meja sama orang lain. Udah pesen makanan lalu menunggu. Inilah hal yang tidak gw ketahui sebelumnya. Setengah jam bahkan satu jam kemudian, makanan nggak kunjung tiba! Herannya, orang-orang juga setia banget nunggunya. Pas makanan dateng, itupun satu menu yang dipesen, nggak langsung keluar semua. Setelah cobain semuanya, rasanya ya enak sih, tapi not worth the wait. Ngobrol sama mbak kasir, katanya satu jam itu termasuk cepet, biasanya dua jam. Gubrakk.. Oh iya, kalo restoran ini ada di sebelah kanan jalan, pilih yang pertama ya karena ini yang asli dan katanya lebih enak. Maju dikit bakal nemu lagi dengan nama sama tapi itu punya anaknya. Untung cobain di tempat yang bener karena emang keliatan lebih rame juga.
Cumi Goreng Tepung


Kangkung


Udang Bakar Madu

Tempat Ibadah
Tidak sengaja tiba-tiba ke sini jadi wisata religi juga. Dimulai ketika tadinya mau misa awal tahun jam 5 sore di Gereja Santo Yusuf. Nyampe sana kok sepi, nggak taunya nggak ada misa. Karena udah terlanjur ke sana, minta sama satpam untuk dibukain masuk gerejanya. Bingung mau ke mana dari sana, lagi-lagi karena liat di instagram, gw kepo sama sebuah pura yang di foto sekilas kayak di Bali. Otw ke sana, nggak sengaja nemu vihara yang muncul di instagram pula (instagram kali ini jadi sumber rekomendasi banget deh). Entah mungkin karena belum pernah ke vihara sebelumnya, tapi menurut gw tempatnya bagus banget! Belom pernah ke Cina juga, tapi berasa lagi di sana.
Lalu, dimulai lah petualangan mencari si pura. Muter sana-sini, nanya orang banyak yang nggak tau, mana ngejar dapet foto sebelum gelap, stress banget deh. Singkat cerita, akhirnya nemu juga. Kalo mau ke sini, triknya yang penting nyampe daerah Perumnas Cirebon dulu, deket-deket Grage City Mall. Udah di sana, baru tanya orang sekitar Jalan Bali di mana. Soalnya, orang-orang sotoy bakal ngarahinnya ke daerah lain karena emang nggak tau pura yang dimaksud. Di hari terakhir, untuk melengkapi rangkaian wisata religi tak terencana ini, berkunjunglah gw ke Masjid At-Taqwa untuk menghadiri pernikahan temen gw yang sekaligus jadi tempat terakhir yang dikunjungi sebelum pulang.

1. Gereja Santo Yusuf



2. Vihara Dewi Welas Asih









3. Pura Agung Jati Pramana

4. Masjid At-Taqwa




Selamat, Rina dan Mas Shoim!

Selain tempat-tempat di atas, gw juga sempet ke Grage Mall dan Grage City Mall untuk sekedar melihat-lihat dan menghabiskan waktu. Entah permanen atau nggak, tapi di Grage City Mall ada rumah hantu buat yang mau uji nyali. Tapi hantunya udah nongol duluan di depan. Oke, nggak penting.

Overall, buat orang Jakarta yang bosen ke Bandung buat short getaway, Cirebon oke banget nih buat dijadiin alternatif. Selain lebih cepat ditempuh, di sananya juga nggak padet.

Sekian postingan Cirebon dari saya. Semoga cukup membantu untuk rekomendasi. For instant guide, use #nadagoestocirebon on instagram. Silahkan kalo ada yang mau bertanya, just leave your comments below :)

You May Also Like

0 comments