Long Weekend in Jogja - Day 1 (May 13, 2015) - Part 1

by - 7:19 AM

Hai, semua! Gw seneng banget akhirnya bisa pergi lagi buat refreshing. Kebiasaan gw tiap akhir tahun adalah nyatet tanggal-tanggal merah di tahun berikutnya buat ngerencanain liburan. Dan di bulan Mei ini tanggal-tanggal merahnya strategis banget buat long weekend. Gw pun makin gatel buat pergi. My holiday inspiration mostly comes from Instagram, dan pilihan gw kali ini jatuh pada Jogja. Terakhir ke sana tahun 2013 lalu sama keluarga besar tapi cuma seharian PP Boyolali.
Sebenernya udah pengen pergi ke sana di bulan Desember kemaren. Bokap udah oke namun rencana batal gara-gara adek gw mager kalo perginya cuma keluarga kita doang. Gw sempet mengidekan buat pergi di bulan Mei ini namun tidak direspon. Lalu di suatu hari Kamis, lagi kelas pagi dan ngobrol sama temen-temen, gw bilang gw pengen ke Jogja. Tiba-tiba menyeletuklah temen gw, Ayu, kalo dia juga pengen. Singkat cerita, malem itu gw langsung minta izin ke bokap, beliau setuju, dan gw fix berangkat. Yeay!

Gw berakhir pergi berdua aja sama Ayu. Tadinya ngajakin temen-temen kita yang lain, tapi yang fix cuma kita dan udah ada yang rencana ke tempat lain juga. Kita berangkat hari Rabu, 13 Mei 2015 naik pesawat jam 6 pagi. Kita beruntung banget karena tiket kereta udah pada abis untuk berangkatnya dan tiket pesawat yang harganya cukup oke di waktu kayak gitu tinggal sisa 2 seat!

Selasa malemnya Ayu nginep di rumah gw biar sekalian berangkat bareng berhubung rumah gw juga lebih deket ke bandara. Entah kenapa malam itu gw nggak bisa tidur, padahal ngantuk dan capek banget abis latian nari di kampus. Sempet pules bentar abis itu kebangun jam 02.30 dan nggak bisa tidur lagi. Emang kalo mau bepergian gw suka susah tidur, tapi ya nggak sampe gini-gini amat.
Gw pun nyalain hape dan buka chat yang belum kebaca. Lagi buka group chat terus ada tulisan 'Dompet kak Nada di Dira yaaa.' .............. *hening sejenak* Gw terbengong-bengong ngeliat hape. Speechless. Itu chat masuk sebenernya udah dari jam 12 tapi gw baru baca.
APAAAA??!! Oh. Em. Gee. Ini gokil abis pikir gw. Dompet nggak pernah ketinggalan dan sekalinya nggak ada pas sangat urgent. Kok bisa sih tu dompet loncat dari tas gw?? Gw pun juga nggak sadar dompet nggak ada pas lagi mindah-mindahan barang ke tas yang mau dipake. Pikiran kacau balau. Jadi ini toh yang bikin gw nggak bisa tidur. Mau diambil juga udah nggak mungkin. Waktu udah mepet, gw nggak tau kosannya di mana, dan doi lagi tidur juga. Gw coba nenangin diri dan berpikir jernih.

Gw bersyukur dompet gw nggak ilang dan sadar itu nggak ada pas masih di rumah. Coba gw sadarnya pas udah di bandara? Hadeuh nggak kebayang deh. Gw bilang bokap dan berakhir pergi bermodalkan dompet lama berisi uang cash. Untuk identitas, gw bawa paspor. Gaya bener ye ke Jogja aja pake paspor, tapi ya mau gimana lagi.

Berangkatlah gw ke bandara. Gw punya pengalaman nggak mengenakkan dengan maskapai yang akan gw pake hari itu. Jadi untuk jaga-jaga, gw udah web check-in biar tetep boleh masuk walau udah lewat batas check-in. Bener aja, sesampainya di check-in counter, mbaknya nyuruh gw langsung ke atas karena udah boarding. Gw dan Ayu pun lari terbirit-birit. Thank God we made it. Drama pun usai dan terbanglah kita ke Jogja.

Setelah kurang lebih terbang selama 1 jam, akhirnya sampailah kita di Jogja. Hal pertama yang kita lakukan adalah gw beli roti karena belum sarapan dan Ayu ke bagian informasi untuk nanya-nanya kendaraan. Gw mah ngikut aja sama dia secara dia lebih tau Jogja. Abis itu kita langsung menuju shelter TransJogja.

Masuk ke sana, gw norak dan kampung abis. Gw anak paling jarang naik kendaraan umum kalo di negara sendiri, jadi menginjakkan kaki dan bener-bener ngerasain segalanya di shelter merupakan pengalaman yang jarang buat gw. Sempet ngerasain TransJakarta, tapi kayaknya cuma sekali seumur hidup waktu SMP.
Sistem tarif TransJogja sangat simpel. Dengan hanya membayar Rp3.600,- kita udah bisa dibawa keliling Jogja. Jadi kalo ke sini siapin receh ya. Mau deket mau jauh, harga tetep sama. Setelah bayar, nanti petugas masukin kartu ke mesin supaya penumpang bisa masuk. Bagi yang udah punya kartu langganan (biasanya yang tinggal di Jogja) tinggal tap aja.
Di beberapa halte kita bisa ganti bus kalo rutenya berbeda. Nggak perlu takut kesasar karena petugasnya sangat menguasai dan ramah banget. Ini nih yang gw highlight dari TransJogja, pelayanannya oke banget. Di halte biasanya ada 2-3 petugas: 1 atau 2 yang ngurus karcis, 1 lagi yang jaga untuk mengarahkan penumpang yang mau keluar-masuk bus dan ngasih tau nomer bus yang mau dateng beserta rutenya. Pas masuk bus, juga ada 1 petugas yang stand by deket pintu. Beliau sangat berperan dalam menertibkan penumpang juga ngasih info kita akan berhenti di halte apa. Dan hal yang gw suka lagi adalah kita nggak akan berlama-lama berhenti di halte karena para petugas mengarahkan dengan tegas supaya kita gercep (gerak cepat) dan teratur.
Bus nya sendiri juga bersih dan dingin, bahkan kalo malem makin dingin. Biasanya di dalem bus nggak begitu rame, yang sampe harus berdiri cuma sedikit. Tapiii... waktu di tanggal 14nya pas hari libur, untuk pertama kalinya di malam hari gw merasakan bus yang super penuh!! Sampe-sampe gw diskip 3 kali saking penuhnya. Sekalinya masuk, gw dapet bus yang AC-nya lagi bocor, jadi sekitar 5 kursi ga bisa didudukin. Masalah AC bocor juga perlu diperhatiin nih, karena gw nggak cuma menemukan di 1 bus aja.

English version (not the full translation):
Hey, readers! It's been a hectic week in college. I am so happy that I could travel again for refreshing. May has many long weekends because of holiday on Fridays. My holiday inspiration mostly comes from Instagram and this time I chose Jogja. I've been wanting to go to Jogja for so long but no one could go. Then suddenly Ayu, a friend of mine said that she wanted to go to Jogja so we decided to go there together.

At the d-day, I realized that I didn't have my wallet on me. The night before, I had dance rehearsal. I accidently left it and anothet friend took it. I didn't have time to take it first since I took early morning flight. I was still grateful that it wasn't lost and I had realized it at home. I couldn't imagine if I knew it at the airport. So I left bringing my old wallet, asked my dad for cash, and brought my passport for ID.

After a one-hour flight, I finally arrived in Jogja. As soon as we went out, I bought bread and Ayu looked for information. We were then directly heading to TransJogja shelter. TransJogja is a perfect alternative transportation and it's very tourist-friendly. With only Rp3.600,- (=US$0.2!!), you could get around Jogja easily. The fee is fixed for any distance. The staffs are very friendly and helpful so you don't have to worry.

TransJogja Shelter

Di dalam bus
Inside the bus

Katanya kalo mau bener-bener berasa kayak orang lokal, turis harus coba naik angkutan umum dan makan street food. Ternyata emang bener sih. Di dalem bus walau ngomong pake bahasa Indonesia, kerasa banget logat-logat medok Jawa. Udah kerasa sejak turun pesawat di bandara sih. Mana denger orang yang duduk depan gw ngomong kata 'Boyolali' pula. Duh, makin kangen kampung!

Turunlah kita di halte Malioboro 3, yaitu di Jl. Jenderal Ahmad Yani dekat Fort Vredeburg. Di sepanjang jalan banyak tempat duduk dan properti yang menarik. Walau masih pagi, udah ada beberapa orang yang nongkrong di situ dan bahkan udah foto-foto. Berhubung masih sepi dan nggak banyak saingan, hasrat seorang Nada untuk berfoto pun muncul. Inilah kesempatan gw, jadi mari colong start, hehehe. Setelah puas, kita nyari becak buat menuju ke penginapan. Di sepanjang jalan pun gw asik foto-foto. Gw terlalu menikmati dan nggak percaya bisa liburan sejenak.

We got off at Malioboro 3 terminal, which is at Jl. Jenderal Ahmad Yani near Fort Vredeburg. There are many benches and interesting props along the street. Although it was still in the morning, there were already some people walking and taking pictures. I used the chance to take pictures as well. After I was satisfied, we were looking for becak (a local transportation which is a bicycle with seats for passengers) to reach the accommodation.

Selfie anti-mainstream, biasanya kan pada di butik

Becak

Pusat gudeg Wijilan
Gudeg center Wijilan

Sekitar 5 menit, sampailah kita di penginapan yaitu Dhaup Guesthouse di Jl. Panembahan. Letaknya ngesot dari Wijilan (pusat gudeg) dan deket Alun-alun Utara. Dari tampak depan, sesuai sama yang gw liat di foto. Saat masuk, kita disambut mbak-mbak resepsionis. Kita langsung dikasih kunci dan diarahkan ke kamar. Guest housenya masih sepi saat kita dateng. Kita nggak berlama-lama di sana karena langsung mau pergi lagi, namun seperti biasa gw menggunakan kesempatan untuk foto-foto. Tempatnya homey banget, berasa rumah sendiri. Sampe-sampe gw nyuci botol minum berhubung nggak sempet dicuci di rumah. Kamarnya juga sesuai yang diharapkan. Nyaman, AC-nya dingin, tapi sayangnya agak kurang bersih sprei, meja, dan lemarinya. Setelah naro barang dan ganti celana pendek biar adem-an, kita cuss keluar.

After around 5 minutes becak ride, we arrived at Dhaup Guesthouse at Jl. Panembahan. The location is near with Wijilan, a gudeg (a popular Jogja food which is an unripe jackfruit stew served with rice, boiled eggs, chicken, and many other garnish) centre and Alun-alun Utara. The look is exactly the same like we saw on the picture. When we came inside, we were greeted by the receptionist, given the key, and directed to our room. The overall place is very homey. The room was also as expected. It was comfortable and the air-con is well-functioned. Unfortunately, it wasn't too clean. After putting our bags and changing our pants to a shorter one since it was hot outside, we went out.

Dhaup Guesthouse

On the way to terminal

Tujuan pertama kita adalah Museum Ullen Sentalu di Kaliurang. Kita jalan kaki menuju halte Malioboro 3 yang tadi. Penasaran sama Fort Vredeburg, eh malah 'kejebak' dulu di sana. Jadilah kita muterin seantero benteng. Pengunjung dikenai biaya Rp2.000,-. Dengan harga segitu, dijamin bakal puas banget! Gw merasa rela bayar lebih buat nikmatin semua yang ada di sini.

Our first destination is Museum Ullen Sentalu in Kaliurang. We walked back to Malioboro 3 terminal. Curious about Fort Vredeburg, we went inside and ended up exploring the place first. With only Rp2.000,- entrance fee, you'll get a worthy experience.

Ada 4 diorama yang bisa dijelajahi. Beruntunglah gw bisa masuk ke semua dioarama. Pas ke sini tahun 2012, ada diorama yang direnovasi tapi lupa yang mana. Diorama ini nyeritain sejarah Indonesia dari zaman perang sampai merdeka, begitulah singkatnya. Gw walau nggak suka sejarah, tapi betah banget di sini. Secara layoutnya yang rapi dan bagus, bersih, terawat, adem, pewe lah pokoknya. Jadi asik aja gitu ngeliatin ini-itu sekaligus belajar, walau abis itu langsung lupa lagi, haha. Gw pribadi sih nggak prefer pake jasa guide. Rada trauma pas tahun 2012 itu ditemenin guide yang betaaaaah banget cerita panjang lebar. Awal-awal masih mudeng  dan menarik, makin ke belakang berharap bisa teleport. Ini bapak udah kita stop juga ga mempan. Kali ini gw bisa menjelajah sesuka hati.

The are 4 dioramas you can see. They tell about Indonesia's history: before and until Independence Day. I, who actually am not too interested in history, really enjoyed being here. The place is clean, neat, and well-maintained. They just looked interesting. If you like, you can ask for guides to accompany you getting around and to know more deeply.

Kita salah masuk ke diorama 2, harusnya diorama 1 dulu yang ada di sebelah kanan. Tapi lanjut ajalah udah terlanjur. Di dalem rame ada rombongan anak-anak SD yang lagi dijelasin sama gurunya. Gw jebe dengerin.

Lanjut ke diorama 3 yang agak-agak gelap gimana gitu. Rada ke ujung kita nemuin Wahana Interaktif Gerilya, dipikir apaan gitu dengan pedenya masuk aja. Jalan belok kiri mentok tembok, kita harus belok kanan. Pas nengok, hyaaa... gw sama Ayu spontan teriak dan ngibrit balik arah! Ya kali deh itu gelap, ada patung seukuran manusia, ditambah bunyi tembakan gimana nggak kaget. Terus kita tersadar itu ternyata G30S-PKI. Saat kita balik, ada 2 cewek nanyain kenapa dan ada apa di situ terus ngajakin masuk bareng. Kita terima ajakannya, walau takut tapi penasaran. Walau udah jalan berempat, gw tetep ada rasa-rasa gimana gitu, ga berani liat patungnya. Creepy banget parah. Lebih milih masuk rumah hantu deh gw. Mana nggak ada pembatas dan gw serasa mau ditembak beneran. Untung ternyata wahana-nya nggak panjang, nggak nyampe 1 menit jalan malah. Phew.. Harus coba sendiri masuk buat rasain sensasinya.

Gimana gw nggak takut?

Masuk ke diorama 4 kembali terang tapi nggak terlalu luas dan sepi. Beda sama diorama 2, diorama 3 sama 4 menurut gw agak creepy. Terakhir baru deh masuk ke diorama 1. Nah, kalo di sini luas dan banyak orang kayak diorama 2.

Diorama 1

Nggak cuma di dalam museum, pemandangan luar juga nggak kalah menarik. Puas banget lah meluangkan waktu di sini. Belajar iya, terhibur iya.