Extended Manado Trip (Oct 7, 2016)

by - 6:12 PM

Hari ini sebagian teman-teman kontingen udah harus pulang ke Jakarta, tapi beruntungnya gue dapet giliran pulang hari besoknya jadi bisa jalan-jalan dulu. Rombongan yang masih stay bisa jalan-jalan sendiri atau kembali tinggal bersama keluarga live-in. Cerita sedikit, tadinya gue mau jebe kontingen Bandung buat barengan extendnya, namun akhirnya gue nemu teman-teman dari KAJ yang sejalan juga jadi berakhir memilih sama mereka biar gampang koordinasinya.

Teman-teman extend gue terdiri dari Jovita, Victor, dan Adrian. Saking banyaknya kontingen Jakarta, gue baru kenal mereka ya pas di Manado ini. Pas banget di penginapan terakhir gue dan Jovita sekamar jadi bisa ngobrol-ngobrol dulu.

Pagi itu, gue bener-bener zombie mode-on secara cuma tidur sekitar 3 jam seusai penutupan IYD. Tapi gue dan yang lain udah harus bergegas pergi dan memulai hari. Beruntung banget Victor temenan sama frater di Skolastikat MSC yang emang tinggal ngesot dari Seminari Pineleng, jadi kita bisa menginap di sana.

Setelah menaruh barang, kita langsung berangkat menuju Bunaken. Ada angkot nganggur di depan, langsung kita tanya dan sekalian nawar untuk charter. Dan untungnya supirnya baik banget.
Hits banget angkotnya

Setelah sampai di checkpoint, kita siap menyeberang pulau. Sepanjang perjalanan keliling pulau, kita dipandu sama saudara temannya Jovita (biar bisa sekalian nego harga juga, hehe). Gue menikmati pemandangan sekaligus ngantuk berkat angin selama di kapal.

Sekitar setengah jam kemudian, sampailah kita di Bunaken! Karena kita mau snorkeling, kita langsung ganti baju renang dan kaki katak yang disewain. Wah, jadi nggak sabar gue.

Sumpah, ini sebenernya kegiatan yang bukan gue banget, tapi mumpung udah di sini ya dicoba deh. Mana gue udah nggak bisa berenang, jadi rada-rada gimana gitu. Pertama-tama, kita latihan pernafasan dengan alat snorkel nya. Awalnya gue masih kagok dan rada panik. Setelah mencoba untuk tenang, akhirnya mulai bisa dan terbiasa. Terus mulai deh muter-muter kesana kemari liat pemandangan bawah laut. Eh, tiba-tiba gue ketagihan. Sampai akhirnya mencoba bertahan di dalem laut buat foto-foto. Bener-bener ini pengalaman baru yang menyenangkan buat gue. Plus, makin seneng tiba-tiba gue bisa ngapung di air lagi, haha.

Setelah main-main di air, kita pindah ke Pulau Siladen. Di sini kita super ngaso duduk-duduk, jalan-jalan di sekitar. Tiap napak, telapak kaki rasanya kayak kebakar saking panasnya matahari.

Suka banget warna airnya!

Pas jalan-jalan, ternyata ada penginapan bagus di sini. Nggak disangka, banyak turis asingnya lagi berjemur. Semacem nemu pulau tersembunyi yang suka didatengin artis gitu lah. Ternyata di negara sendiri juga nggak kalah bagus.

Seusai menjadi anak pantai, kita kembali menuju ke kota dan dibawa ke Monumen Yesus Memberkati. Walau 3 hari sebelumnya gue udah ke sini pas kesasar, kali ini bisa liat dari angle yang bagus yaitu dari kawasan perumahan Citraland. Lumayan ada beberapa orang yang foto-foto juga, tapi nggak rame banget. Kebetulan lagi ada yang jualan es krim, pas banget butuh yang seger. Gue sangat menikmati suasana sore itu, serasa kembali ke masa kecil sore-sore jalan di komplek rumah.

Kita kembali ke seminari. Lumayan, berhubung belom makan kita disediain suguhan sore sama para frater. Saking lapernya, gue nggak sungkan buat makan. Dan akhirnya bisa mandi! Gila, seharian lepek banget ke sana ke mari belom mandi, cuma bilas doang abis main air tadi.

Malamnya, kita diajak makan keluar. Seneng banget bisa sambil menikmati suasana malam kota Manado. Kita makan di Kelapa 17, salah satu tempat makan di Ruko Mega Mas. Ini pertama kalinya gue mencoba ragey, sate babi yang panjangnya setengah meter! Tolong ini enak banget rasanya gurih-gurih gitu, dimakan sama kangkung dan dabu-dabu jadi makin mantep! Mumpung di sini juga, gue pesen Babi Tore, babi yang digoreng crispy. Ini juga mantep banget nggak kuat. So far, ini jenis masakan babi yang paling gue suka.

Kita dibawa ke jembatan Soekarno yang jadi icon baru kota Manado. Sukaaa banget sama lampunya yang warna-warni, serasa lagi di mana gitu. Pemandangan yang bagus menutup malam terakhir gue di Manado.