Long Weekend in Jogja - Day 2 (May 14, 2015) - Part 2

6:26 PM Marcella Denada 0 Comments


Dari Museum Affandi kita lanjut makan lagi di... ayam geprek! Jujur ini bukan bagian dari rencana karena bahkan tau ada makanan ini karena rekomendasi temen komentar di Instagram hari sebelumnya. Gw googling sendiri dan yang muncul di awal dan sepertinya terkenal itu Ayam Geprek Bu Rum. Kebetulan banget lokasinya deket dari museum. 
Gw pikir Ayam Geprek Bu Rum berbentuk bangunan restoran, taunya di tenda di area perumahan. Ternyata ini kayak komplek gudeg Wijilan gitu, jadi di sekitarnya juga ada ayam geprek lain. Rada salah sih datengnya pas jam makan siang, rame banget! Kita hampir nggak dapet tempat duduk dan bahkan sampe ada yang makan di mobilnya sendiri.

From Museum Affandi we had lunch at Ayam Geprek Bu Rum. I just knew about ayam geprek the day before from a friend so we decided to try. I google-d by myself and found this to be the most popular. Fortunately, the location is not too far from the museum.
I thought they have their own building, turns out that it is a tent in a neighbourhood. It's  like Wijilan gudeg center, so there are some other ayam geprek from different owners nearby. It was very crowded when we came since it was lunch time. We almost didn't get any seat and some people even ate inside their own car.


Kita sebagai pelanggan baru ngeliatin gimana pesen makanannya. Sistemnya self-service jadi bisa disesuaikan selera. Pertama kita ambil dulu alas jaring dan kertas, terus ambil nasi dan lauk seperti tahu, tempe, sayuran, dan lain-lain. Terakhir, ini dia bintang utamanya. Masnya nanya kita mau berapa cabe, dikasih garam dan lada, abis itu ayamnya ditaruh di ulekan dan ditumbuk. Oh, jadi ini toh kenapa dinamain ayam geprek. Soal rasa, mantap! Padahal ayamnya digoreng tepung biasa dan bahan sambelnya simpel. Antisipasi takut kepedesan, jadi gw cuma minta 1 cabe. Lain kali ke sini akan minta 2 cabe biar lebih nendang.

We observed how people order the menu. It is self-service. First, we take the base and paper to cover then we take the rice and side dishes. The waiter will ask how many chillies we want, then they add salt and pepper. They put fried chicken on top and it will be smashed together. That's why it is called ayam geprek (ayam=chicken). The taste? Despite using simple ingredients, it is delicious! I only asked for 1 chilli, I should have asked 2 instead. People who love spicy food often ask for more than 5 chillies! I believe there will be explosion in their mouth.





Setelah berpanas-panasan, kita ngadem di Galeria Mall. Tujuan utama sebenernya ke restoran Canting yang ada di rooftop mall ini. Berhubung Canting baru buka jam 5 sore dan kita bingung mau ke mana, berakhirlah ngabisin waktu muterin satu mall.
Gw tau Canting dari postingan sepupu. Serunya dia adalah lagi ada party waktu itu jadi rame, ada DJ dan banyak lampu-lampu di luar. Gw berharap lagi ada acara kayak gitu juga taunya nggak ada dan cenderung sepi. Walau lagi sepi, tapi gw suka banget sama tempatnya, cocok buat kumpul cantik sama teman-teman atau nge-date. Karena udah kebanyakan makan dan masih ngerasa kenyang, kita pesen Nachos aja buat camilan. Nachos dan sausnya enak banget. Untuk minum, gw nyoba Teh Tarik yang unik karena ada topping cincaunya. Harganya standar restoran cantik Jakarta, jadi agak lebih mahal dibanding restoran Jogja umumnya.

After that, we went to Galeria Mall. The place we wanted to visit is actually Canting restaurant which is located at the rooftop of this mall. Since it opens at 5pm, we wasted our time walking around the mall because we had no idea where to go.
I knew Canting from my cousin. There was a party when he was here so the place became very lively, there were DJ and pretty bright lights. I was hoping there would be some kind of event like that but there wasn't when I came. Even though there weren't many people and it was a bit quiet, I love the place. It is perfect for girls gathering or dinner date. Since we ate so much today, we only ordered Nachos. Both the nachos and sauce taste great. For the drink, I tried Teh Tarik which is a bit unique because they add grass jelly. The price is more expensive than most Jogja restaurants.




Ayu yang mau lanjut pergi sama temennya pengen balik ke penginapan dulu. Dari mall menuju penginapan, kita naik TransJogja. Kesabaran pun diuji. Bus yang sesuai rute kita nggak kunjung tiba. Pas dateng pun penuh banget dan cuma beberapa orang yang bisa masuk. Bodohnya, gw terpisah sama Ayu di bus berikutnya yang dateng. Dia udah masuk, gw belom, pintunya ditutup, dan bus jalan dalam sekejap. Wadow. Akhirnya Ayu turun di halte berikutnya buat nunggu gw. Mending di bus berikutnya yang dateng lagi gw bisa masuk, ini nggak. Antrian mulai nggak jelas dan gw disela. Sabar. Lalu gw dan Ayu pun bersatu kembali. Udah capek, mirisnya di bus ada sekitar 5 kursi yang kosong tapi nggak bisa didudukin karena super basah berkat AC yang bocor. Hadeuh, gini toh rasanya peak hour.
Sampai di penginapan, Ayu langsung mandi dan berangkat. Gw tadinya ngajak temen-temen gw yang di sana ketemuan tapi batal dan jadilah gw bermager ria di penginapan lalu tidur terlelap sampai besok paginya.

Ayu was going to meet her friend but we went back first to our guest house by TransJogja. It was peak hour so we waited long for the bus and by the time it came, it was fully occupied so we had to wait again. I got separated with Ayu on the next bus, I was left behind. Then she got off on the next stop to wait for me. After several bus, I managed to get in and be together with Ayu again. We were very tired and there were 5 vacant seats but unfortunately they were wet because of broken air-con.
Arriving at the guest house, Ayu took a shower and left. I was going to meet other friends but it was cancelled. I ended up sleeping until next morning.

On the way to guest house



0 comments:

Long Weekend in Jogja - Day 2 (May 14, 2015) - Part 1

5:50 PM Marcella Denada 0 Comments

Mengawali hari kedua yang kebetulan jatuh pas hari Kenaikan Yesus Kristus, kita udah niatin misa di Gereja St. Antonius Kota Baru jam 08.30. Tadinya mau berangkat pakai TransJogja aja, tapi akhirnya kita milih untuk naik taksi. Selain lebih cepet, biar penampilan nggak lepek gitu pas nyampe gereja. Ini kedua atau ketiga kalinya gw misa di sini. Yang unik dari gereja ini adalah orang-orang yang digambar di lukisan kisah perjanjian baru di dinding memakai pakaian adat Jawa. Berdasarkan pengalaman sih emang misanya tergolong cepet. Sesuai prediksi, 1 jam  kemudian misa selesai.

Starting the second day, which was happened to be Ascension Day, we joined the mass at Gereja St. Antonius Kota Baru at 8.30am. This is my second or third time here. What makes the church interesting is the people on the wall paintings, which tells about New Testament, are drawn wearing Javanese traditional clothing.

Gereja St. Antonius Kotabaru

Selesai misa kita mau ke Lokal Hotel di Jl. Jembatan Merah naik TransJogja. Kita harus ke Gejayan, halte terdekat dengan Lokal Hotel. Dari halte, kita jalan kaki menuju tempat. Jarak untuk jalan kaki bisa dibilang tanggung, deket nggak, jauh lumayan. Matahari yang cukup menyengat pas itu serasa bikin agak lebih jauh. Cukup di luar dugaan lokasi hotel yang cukup hits ini rada tersembunyi, dipikir ada di jalan besar. Patokannya literally ngelewatin jembatan merah sesuai nama jalan dan Universitas Mercu Buana, udah deket banget dari situ. Dari segi lokasi untuk akomodasi, gw nggak me-recommend karena kurang strategis dan di sekitar hotel rada sepi dan nggak ada hiburan. Mungkin kalo mau coba semalem boleh lah.
Untungnya Lokal Hotel juga punya restoran. Bisa ikutan hits tanpa perlu nginep, hehehe. Restonya super pewe dan cenderung nggak banyak orang. Nggak tau biasanya kayak gimana, tapi ini tergolong sepi untuk ukuran hari libur. Desainnya sesuai sama apa yang udah gw liat di foto-foto orang, motif batik Kawung bertebaran di berbagai tempat. Tempatnya pas buat meeting atau ngerjain tugas.


After the mass we went to Lokal Hotel at Jl. Jembatan Merah by TransJogja. We had to reach Gejayan, the closest terminal. We walked from there. The distance is not too close by walking, the heat made it worse. It was beyond my expectation that this current hip hotel location is a bit hidden. Just like the street name, you will pass red bridge (jembatan merah) and Universitas Mercu Buana, you are nearly there. In terms of location for an accommodation, I would not recommend this hotel because there are no attractions nearby.
Lokal Hotel also owns a restaurant. I love the ambience since there weren't many people although it's holiday. Lokal uses many Kawung (one of Indonesia's batik pattern) on its designs. The place is convenient for meeting and working on assignments.







Untuk menu, Lokal menyediakan makanan Indonesia sama Western. Harganya terjangkau untuk ukuran restoran kayak gini. Murah standar Jakarta, agak mahal standar Jogja. Gw pesen Lime Mojito dan Ayu pesen Guava Juice buat yang seger-seger. Karena udah sarapan di penginapan dan abis ini mau makan berat, jadi gw nyoba wafflenya aja. Wafflenya not bad, ditambah es krim vanilla dan saus strawberry/raspberry yang asam juga enak. Ayu yang tadinya nggak mau makan apa-apa berakhir pesen pancake. Super mengecewakan! Pancakenya tebel banget jadi bagian dalem kurang mateng dan bikin rasanya jadi agak aneh.

For the menu, Lokal provides Indonesian and Western food. The price is quite reasonable. I ordered Lime Mojito while Ayu had Guava Juice because we were looking for something refreshing. Since we already had breakfast at the guest house and we wanted to have big lunch after this, I just had waffle. The waffle was not bad, the vanilla ice cream and sour strawberry/raspberry sauce were good either. Ayu ordered pancake and it turned out very disappointing. It was very thick which made the inner dough was undercooked and taste so weird.





Lanjut dari Lokal, kita naik TransJogja lagi ke Museum Affandi di Jl. Laksda Adisucipto 167. Museum ini merupakan rumah pelukis Affandi sekaligus pameran lukisannya. Menurut keterangan di website-nya, museum ini tutup di hari libur nasional, tapi gw coba telfon dan katanya buka! Sesampainya di sana, kita langsung ke loket yang ada di bagian depan untuk beli tiket. Pengunjung lokal dikenakan tarif Rp20.000, sedangkan pengunjung internasional dikenakan Rp50,000. Itu udah termasuk free soft drink/es potong. Karena gw bawa kamera dan udah niat foto-foto, ada tambahan biaya Rp20.000, kalo kamera handphone Rp10.000,-.
Ini kedua kalinya gw ke sini. Untuk ukuran gw yang bukan peminat lukisan, gw cukup bisa menikmati tempat ini. Ada 3 galeri yang gw kunjungin. Di Galeri I, yang paling gw suka karena warna temboknya ngejreng, kita bisa ngeliat lukisan Affandi dari tahun awal sampai tahun akhir semasa hidupnya. Selain lukisan, di sini kita juga bisa liat patung, koleksi mobil, sepeda, dan beberapa barang yang Affandi pakai.

From Lokal, we moved to Museum Affandi at Jl. Laksda Adisucipto 167 by TransJogja. The museum is the house of a painter, Affandi as well as his gallery. Based on the information from the website, the museum is closed on national holiday, but I called and they said it was opened that day! As I arrived, I bought the entrance ticket. Domestic guests fee is Rp20.000 while foreigners is Rp50.000. The fee is included free soft drink/ice cream. Since I bring camera, there is Rp20.000 additional charge, for handphone camera is Rp10.000.
This is my second time here. For me who is not really an art enthusiast, I quite enjoyed being here. There are 3 galleries that could be explored. In Gallery 1, which I like the most because of the bright coloured walls, we can see Affandi's paintings from his early until late years. Besides paintings, here we could also see statues, car and bicycle collections, and some old stuff Affandi used.






Modified 1976 Colt Gallant





Affandi and his wife's grave


Di Galeri II kita bisa liat koleksi lukisan Affandi yang dijual dan juga karya beberapa seniman lainnya. Galeri ini terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah untuk pameran dan lantai atas untuk penyimpanan. Pengunjung dilarang ke lantai atas, hanya untuk karyawan.

Gallery 2 is the exhibition for Affandi's painting collection that are for sale and also for the works of other artists. The gallery is a two-storey. The first floor is for exhibition while the second floor is for storage. The second floor is restricted for visitors.


Galeri III menampilkan koleksi lukisan keluarga Affandi. Seinget gw dulu pas pertama ke sini lagi direnovasi jadi nggak seluas sekarang. Di galeri ini pengunjung juga bisa sambil nonton video dokumenter Affandi. Kerennya, Affandi ngomong pake bahasa Inggris lho, dan terjemahannya pake bahasa Belanda.

Gallery III displays the works of Affandi's family. It was being renovated on my first visit and I feel it became more spacious now. In this gallery visitors can watch documentary video of Affandi. He talked in English and the subtitle is in Dutch.









Selain galeri, tempat tinggal Affandi juga menarik banget untuk diliat karena konsepnya yang unik. Yang paling menarik jelas kamar pribadinya yang ada di atas. Sedangkan di bawah yang tadinya untuk kamar tamu dan garasi, sekarang dipakai untuk Cafe Loteng, tempat di mana pengunjung bisa duduk-duduk menikmati free soft drink/es potong sekaligus liat-liat ataupun belanja souvenir. Ada juga gerobak yang dimofikasi jadi sebuah kamar, lengkap dengan dapur dan toilet. Sekarang gerobak ini difungsikan sebagai musholla.

Not only gallery but the house of Affandi is also interesting to see since it has unique concept. The most interesting part is his private bedroom on the second floor. The ground floor, which was used to be guest room and garage, is now used for Cafe Loteng, the place where visitors can enjoy their free soft drink/ice cream while looking at souvenirs sold. There is also a gerobak (traditional cart) which was modified as room with kitchen and restroom. Now the gerobak is functioned as musholla (praying room).









0 comments: